3 Kuota Gratis dari Pemerintah 35GB, 42GB & 50GB 2020

Kuota Gratis dari Pemerintah – Pandemi corona memang menyebabkan proses belajar mengajar harus dilakukan dirumah secara online. Pelajar maupun tenaga pendidik memang terkena dampak karena sekolah dan kampus yang diliburkan untuk mencegah penyebaran virus.

Dengan pembelajaran secara online memang kendala utama adalah kuota untuk mengakses situs teleconference maupun belajar. Beberapa menawarkan paket kuota belajar murah, namun nampaknya langkah tersebut dinilai kurang mencukupi kebutuhan siswa.

Oleh karena itu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil kebijakan untuk memberi kuota gratis bagi pelajar, mahasiswa, guru maupun dosen seluruh Indonesia. Kebijakan tersebut tertuang pada surat edaran nomor 8202/C/PD/2020 mengenai Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik.

Kalian akan bisa mendapatkan kuota gratis dari pemerintah dalam waktu 4 bulan mulai dari September sampai Desember 2020. Tentunya dengan kuota gratis ini banyak orang terbantu untuk terus melakukan pembelajaran jarak jauh.

Kuota Gratis dari Pemerintah

Kuota Gratis dari Pemerintah

Kuota gratis berasal dari dana BOS atau Bantuan Operasional Sekolah yang dialihkan ke penyediaan kuota untuk siwa maupun guru. Hal ini juga sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 seputar Petunjuk Teknis Reguler dan Nomor 19 Tahun 2020 mengenai Perubahan Permendikbud.

Dana BOS yang diberikan mencapai 7,2 triliun rupiah dimana akan diberikan untuk 56.115 sekolah swasta maupun negeri mulai bulan September ini. Lebih jelas seputar kuota gratis dari pemerintah, carasianturi.com sudah menyediakan rangkumannya berikut ini.

Jenis Kuota Gratis

Terdapat perbedaan kuota gratis untuk siswa, guru serta dosen dan mahasiswa. Masing masing memiliki jumlah kuota yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan sesuai tingkatkan pendidikan. Selama 4 bulan mulai September – Desember 2020 pemerintah akan memberikan kuota gratis.

Pemerintah juga menjalin kerjasama dengan berbagai provider seluler di Indonesia untuk menyalurkan kuota gratis. Lebih jelasnya untuk pembagian untuk tiap penerima silahkan simak informasi berikut.

1. Kuota Gratis 35GB Bagi Siswa

Penerima Pelajar TK,SD,SMP SMA
Kuota35GB
Masa Aktif30hari

2. Kuota Gratis 42GB Bagi Guru

Penerima  Guru TK,SD,SMP SMA
Kuota42GB
Masa Aktif30hari

3. Kuota Gratis 50GB Bagi Dosen & Mahasiswa

Penerima  Dosen & Mahasiswa Perguruan Tinggi
Kuota50GB
Masa Aktif30hari

Setiap bulan kalian akan menerima kuota yang termasuk besar untuk digunakan belajar dirumah. Selain itu untuk tiap penerimanya dibedakan berdasarkan tingkatan pendidikan sehingga berbeda.

Cara Dapat Kuota Gratis dari Pemerintah

Supaya bisa mendapatkan kuota gratis dari pemerintah kalian wajib terdaftar pada dapodik. Selain itu nomor handphone penerimanya juga harus sudah dimasukkan pada data dapodik. Nomor berguna untuk pendistribusian pulsa maupun kuota gratis dari pemerintah.

Cara Dapat Kuota Gratis dari Pemerintah

  • Pastikan pelajar, guru, dosen maupun mahasiswa sudah didaftarkan nomornya oleh kepala satuan pendidikan lewat aplikasi dapodik.
  • Pendaftaran nomor dilakukan sebelum 31 Agustus 2020.
  • Setelah nomornya sudah terdaftar maka masing masing penerima akan mendapatkan kuota gratis dengan besaran sesuai ketentuan satuan pendidikannya.
  • Kuota gratis dibagikan secara langsung ke nomor penerima.

Beberapa jenis kuota yang diterima mencakup kuota belajar, kuota conference maupun kuota utama yang dapat digunakan secara bebas. Cara untuk mendapatkan kuota dari pemerintah termasuk mudah karena secara otomatis penanggung jawab instansi pendidikan yang mendaftarkannya.